3 Langkah Memulai Berwirausaha


Berwirausaha – Tidak harus bergelar pendidikan tinggi untuk bisa menemukan ide bisnis cemerlang. Siapapun bisa menemukan ide berwirausaha yang kemudian bisa menghasilkan uang secara terus-menerus untuk anda.

Ide-ide bisnis itu bertebaran dimana-mana di sekitar anda. Ide-ide itu bisa bersembunyi di dapur anda, di garasi rumah, atau mungkin di kolong tempat tidur anda. Juga dalam diri anda sendiri.
Menemukan ide bisnis itu sebenarnya sederhana yaitu ketika anda mampu menemukan sebuah masalah dan mampu memberikan solusinya, maka jadilah sebuah peluang bisnis.

Benar ! Menemukan ide bisnis hanya sesederhana itu.

Mungkin mobil di garasi anda terlihat kusam, maka muncul ide produk pengkilap mobil. Kalau kolong di bawah tempat tidur anda berdebu, muncul ide alat pel lantai dan cairan pel dengan berbagai variasi bentuknya.

Nah, dari ide-ide seperti itulah bisnis itu kemudian berkembang dan menghasilkan keuntungan.
Kalau masih ada yang bingung soal inti mencari ide bisnis di atas, mari kami jabarkan langkah-langkahnya.

1.    Lihat sekeliling anda

Ini salah satu cara paling simpel. Tidak usah susah-susah, anda jalan keluar rumah anda dan lihat di sekeliling anda ada usaha apa saja. Mungkin ada usaha isi pulsa, membuka loket PPOB, ada warnet, warung makan, dan sebagainya. Dan kalau diperhatikan semua usaha itu bisa eksis, meski mungkin ada lebih lima warung makan di lingkungan anda, tapi semuanya masih tetap buka usaha kan? Anda sudah dapat ide bisnis-nya kan? Hanya saja kalau anda ingin buka usaha sejenis, satu tips tambahan dari kami: lakukan diferensiasi biar usaha anda unik.

2.    Bisniskan hobi anda

Anda suka mancing.? Anda bisa bisniskan keahlian anda itu. Lakukan apa yang anda suka dan buat bisnis dari sana. Ubah hobi anda menjadi hobi yang menghasilkan uang buat anda. Mudah kan?

3.    Amati,Tiru & Modifikasi.

Jika anda masih tetap bingung bisnis apa yang hendak anda lakukan, lihatlah Usaha atau bisnis apa yang berkembang di sekitar anda, lalu ikuti kemudian buat ciri khas yang berbeda agar anda tidak di cap mencontek, lalu kelola usaha anda lebih baik dari yang anda tiru. Yang yang paling penting adalah anda sebaiknya tidak menjiplak sama persis lakukan sedikit modifikasi.

Langkah selanjutnya adalah Action, 3 langkah sebelumnya hanya akan menjadi angan angan jika tidak disertai action.

Selamat mencoba !

facebooktwittergoogle_pluspinterestmailfacebooktwittergoogle_pluspinterestmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *